Kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui lebih dalam bahan dasar apa yang digunakan untuk membuat karpet.

Bahan Dasar Pembuat Karpet

Pada artikel ini akan diulas secara detail mengenai beberapa bahan-bahan dasar karpet, sebagai berikut:

bahan dasar karpet dari kapasBahan Dasar Kapas

Kapas tidak hanya berguna untuk membersihkan kulit wajah ataupun telinga tetapi bahan dasar kapas ini juga dapat digunakan untuk bahan dasar untuk membuat karpet. Kapas adalah serat alamai yang kuat dan sagat tahan lama.

Karpet yang terbuat dari bahan kapas memang lebih relatif murah dibandingkan dengan bahan wol semua. Karpet yang berbahan kapas ini dapat mudah menyerap dan mempertahankan dari berbagai jenis pewarna. Karpet yang berbahan campuran antara kapas dan wol sangat lembut bahannya bila terinjak oleh kaki dan sangat nyaman untuk digunakan bersama keluarga anda.

Bahan Dasar Rami

Rami berasal dari india dan cina, bahannya terbuat dari serat batang tanaman, karena stabilitas dan ketegasannya rami sangat cocok digunakan untuk membuat benang dan kain yang tahan lama. Rami sangat cocok untuk membuat benang dan kain tahan lama karena stabilitas dan ketegasan. Tetapi bahan rami ini keburukannya bisa kasar dan rentan terhadap noda tetapi berbahan rami akan menimbukan efek tampilan yang bagus ketika dibuat menjadi babut.

Bahan Dasar Bambu

Karpet berbahan bambu seperti sisal akan tahan lama dan dapat bertahan dengan beban yang berat. Bahan kayunya berasal dari Cina dan Jepang. Karpet yang berbahan bambu ini menjadi pilihan utama untuk di daerah yang tinggi. Harganya pun juga relatif murah dan berkualitas bagus. Pilihan warna serta bentuk dan gayanya juga bermacam-macam, dapat dipilih tergantung selera anda.

Bahan Dasar Wol

Karpet berbahan wol ini merupakan bahan utama karpet yang sering digunakan oleh seluruh dunia, karena selain berkualitas tinggi bahan wol ini juga berasal dari bulu domba, ada juga yang berasal dari bulu kambing. Karpet berbahan ini secara alami tahan terhadap air, api, dan noda sekalipun. Wol adalah bahan yang memiliki daya tahan yang tangguh dari bahan sintetis lainnya. Selain itu, wol secara alami menolak tungau debu, yang menyebabkan alergi pada manusia. Oleh karena itu, orang kebanyakan lebih memilih karpet berbahan wol ini untuk digunakan karena kenyamanannya dan bagi untuk kesehatan pula.

Bahan Dasar Sisal

Karpet ini adalah karpet yang paling populer yang bahannya dari serat alamitanaman, diekstrak dari daun tanaman yang bernama ‘Sisalana Agave’. Karpet berbahan sisal digunakan untuk umum yaitu untuk semua bahan karpet berbahan nabati. Kelebihan karpet sisal ini dapat menyerap suara, tahan terhadap api, dan anti statis. Kini karpet berbahan sisal ini berkembang di dunia terutama di jawa (Indonesia), Meksiko, dan Afrika Timur.

Karpet bahan Lamun (Rumput Laut)

Karpet berbahan ini adalah bahan yang tahan lama untuk digunakan menjadi karpet permadani. Teksturnya lembut yang alami dan bentuknya seperti batang rumput. Karpet tersebut berbau jerami yang khas. Tetapi karpet ini wrnanya lama kelamaan akan memudar dari waktu ke waktu, karena karpet bahan lamun ini berasal dari tanaman tinggi yang ditemukan di daerah lahan basah.

Informasi grosir karpet dan harga karpet kami.

(Berlanjut ke artikel bahan dasar karpet bagian ke 2).

Please follow and like us:
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.
'