Artikel yang berjudul Jenis Bahan Dasar Karpet ini adalah artikel kelanjutan dari artikel bertemakan tentang bahan dasar karpet dari artikel sebelumnya. Pada artikel ini akan dijelaskan bahan baku apa saja yang digunakan untuk proses produksi pabrik untuk memproduksi karpet jumlah yang banyak sekaligus tanpa mengurangi kualitasnya yang baik.

Contoh Bahan Dasar Karpet

a. Bahan dasar Viscose

Bahan ini merupakan bahan dasar dari pulp kayu dan juga seratnya yang mengkilat seperti sutra, halus dan lembut. Bahan Viscose ini tidak baik bila dipakai untuk bahan produksi karpet keseluruhan. Bahan ini lebih cocok digunakan untuk campuran dalam membuat imitasi sutra. Harganya pun lebih mahal bila dibandingkan dengan bahan dasar karpet lain.

contoh bahan dasar karpet dari nylon

b. Bahan dasar Nylon

Bahan ini merupakan bahan produksi karpet sintetis yang sering dipergunakan untuk pembuatan karpet secara luas. Nylon ini dapat mudah dibersihkan, dan dapat jadi pilihan yang tepat untuk diletakkan di bawah furnitur dan bisa juga di tempat yang banyak dilalui oleh orang.

Nylon mempunyai karakter yang sangat baik, yaitu seperti keseragamannya, kekuatannya, dan ketahanan atas noda yang membandel dan kotoran dari tanah. Bahan nylon ini memang tidak seindah wol ataupun sutra, sehingga harga karpet berbahan nylon tersebut memang relatif murah dibandingkan wol ataupun sutra yang harganya mahal. Untuk kualitasnya cukup baik dan bahannya cukup nyaman.

c. Bahan dasar Sutra

Bahan ini merupakan serat dari alam yang biasanya dapat digunakan untuk sendiri atau untuk pribadi, karena kualitasnya yang tinggi dibandingkan karpet lain. Bahan ini dapat mempercantik dekorasi ruangan anda, seperti permadani oriental dan persia.

Sutra ini biasanya ditambahkan untuk bisa memberikan citra ekslusif pada karpet. Penambahan ini dilakukan agar karpet bisa telihat elegan karena berkilau, sehingga tampak sebagai karpet yang berkualitas tinggi. Karpet sutra mau tak mau memang harus ditangani seteliti mungkin, dan dibersihkannya pun harus tidak boleh sembarangan.

Ada juga beberapa imitasi sutra seperti viscoe/rayon, mercerized, dan Faux sutra:

  • Viscoe/rayon diproduksi dari serat polysester (sintetis)
  • Mercerized kapas yang biasanya digunakan untuk imitasi sutrasutra
  • Faux sutra disebut sutra yang cukup sering diaplikasikan pada produk permadani.

d. Bahan dasar Rayon

Bahan ini adalah bahan yang diambil dari kayu (selulosa yang terdapat pada pepohonan). Rayon adalah bahan terlihat cukup mirip dengan bahan sutra. Meskipun terliahat hampir sama dengan sutrasutra, tampilan dan suasana, rayon ini sangat rentan bila terkena api.

Sekian artikel tentang jenis-jenis bahan dasar karpet.

Please follow and like us:
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.
'